Selamat Datang di Blog Kursus Quran Al Falah

Sabtu, 17 Maret 2012

Kegiatan Tahunan

KEGIATAN TAHUNAN 
LEMBAGA KURSUS AL QUR’AN
YAYASAN MASJID AL FALAH SURABAYA

FESTIVAL SANTRI 

Festival Santri Kursus Al Qur’an LembagaKursus Al Qur’an Yayasan Masjid Al Falah Surabaya adalah merupakan wahana silaturrahiim dan promosi edukatif yang dikemas dalam berbagai bentuk lomba antara lain : Pidato, seni baca Al Qur’an, tartilul Qur’an, cerdas-cermat, dan lain-lain. 

Kompetisi yang diselenggarakan panitia lomba Lembaga Kursus Al Qur’an Yayasan Masjid Al Falah Surabaya ini melibatkan seluruh santri Lembaga Kursus Al Falah dan para santri dari lembaga da’wah atau masjid dan institusi lain di seluruh GERBANGKERTOSUSILA (Gresik – Bangkalan – Mojokerto – Surabaya – Sidoarjo - Lamongan). Selain itu Festival Santri Lembaga Kursus Al Qur’an Yayasan Masjid Al Falah Surabaya diselenggarakan juga dalam rangka sebagai sarana evaluasi kegiatan belajar mengajar yang selama ini  dilaksanakan. Maka berangkat dari sinilah, kita mampu meningkatkan segala kekurangan dalam memberikan bimbingan dan pembinaan kepada para santri.

Kegiatan ini kami beri nama “Festival Santri Lembaga Kursus Al Qur’an Yayasan Masjid Al Falah Surabaya”.

Tema pokok pada kegiatan Festival Santri Lembaga Kursus Al Qur’an  Yayasan Masjid Al Falah Surabaya adalah “Membentuk Santri Yang Cerdas, Kreatif, dan Inovatif menuju masa depan yang Hasanah”.

Tujuan dan Manfaat
  1. Mendorong kreatifitas para ustadz/ah dalam memberikan bimbingan dan pembinaan para santrinya
  2. Memberikan kesempatan bagi santri untuk mempererat tali silaturrahiim dan memperkokoh ukhuwah islamiyah, diantaranya melalui kegiatan Festival Santri tersebut.
  3. Memberikan kesempata kepada para santri untuk unjuk prestasi dan inovasi dalam mengikuti Festival Santri
  4. Membantu pemerintah dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu : membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
Festival Santri Lembaga Kursus Al Qur’an ini bertempat di Masjid Al Falah Surabaya Jl. Raya Darmo 137 A Surabaya pada hari Sabtu, 04 Pebruari 2012.


 
WISUDA DAN  KHATAMAN AL QUR'AN XVII


 Memahami syariat Islam adalah kewajiban muslim agar menjadi muslim yang kaffah dan dapat menghantarkan manusia kepada kehidupan bahagia di dunia dan akhirat. Allah menurunkan agama melalui wahyu yang disampaikan kepada Rasul pilihan-Nya, Muhammad SAW. Yaitu berupa Al Qur’an merupakan sumber dari segala syariat Islam yang menjadi pedoman bagi umat Islam seluruh dunia.

Kebutuhan masyarakat tentang ilmu agama dengan gelombang kesadaran spiritual, sehingga semangat umat Islam untuk terus menggali nilai-nilai Islam guna membentuk pribadi-pribadi muslim yang tangguh sekaligus membantu pemerintah membangun manusia Indinesia yang seutuhnya. 

Lembaga Kursus Al Quran Yayasan Masjid Al Falah telah ikut serta menghantarkan bapak ibu menjadi muslim kaffah yang kita harapakan, dengan berbagai jenis kursus Al Islam.
Wisuda dan khataman santri Lembaga Kursus Al Qur’an  yang akan dilaksanakan adalah merupakan salah satu cara agar santri (bapak – ibu) tetap tertarik dan menyenangkan dalam mempelajari dan sekaligus akan tertanam pengalaman relegius pada diri mereka.

Kegiatan ini bernama “WISUDA DAN KHATAMAN AL QURAN XVII Santri Lembaga Kursus Al Qur’an Yayasan Masjid Al Falah Surabaya”.

Tema pada kegiatan wisuda dan khataman ini adalah “DENGAN WISUDA DAN KHATAMAN AL QUR’AN XVII TERWUJUD HARAPAN MENJADI MUSLIM KAFFAH”

Tujuan Kegiatan ini adalah membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. pribadi-pribadi muslim yang tangguh sekaligus membantu pemerintah membangun manusia Indonesia yang seutuhnya.

Wisuda dan Khataman Al Qur’an XVII santri Lembaga Kursus Al Qur’an  Al Falah ini dilaksanakan pada hari  Ahad, 19 Pebruari 2012 di Islamic Centre Jl. Raya Dukuh Kupang 122 -124 Surabaya.

I.             Persyaratan Peserta Wisuda dan Khataman

1.    Peserta Wisuda Khatam Al Qur’an
- Santri Kursus Al Qur’an Al Falah Surabaya
- Sudah Khatam : Iqro’ 1 s/d 6, Tulis 1 s/d 3 ( Al Khoir), dan Tadarus Juz 1 s/d Juz - 30 dibuktikan dengan lembar Munaqosyah Juz 30
2.    Peserta Wisuda Materi Non Baca Tulis
   - Santri Kursus Al Qur’an Al Falah Surabaya Sudah Menyelesaikan salah satu  
        program materi :
a.     Tartil Al Qur’an 1 s/d 6
b.     Tafsir Al Qur’an 1 s/d 4
c.     Tarjamah Al Qur’an 1 s/d 4
d.     Seni Baca Al Qur’an 1 s/d 4
e.     Hadits 1 dan 2
f.      Sholat dan Hukum Islam 1 s/d 3
g.     Bahasa Arab 1 s/d 4
h.     Dakwah 1 s/d 3
i.       Hafalan Al Qur’an 1 s/d 4
     - Mengisi biodata & Foto 3 x 4 sebanyak 3 lembar
     - Membayar Infaq Rp. 150.000,-
                       - Bagi santri yang mengikuti wisuda lebih dari satu materi maka, per materi   
                         dikenai biaya tambahan :@ Rp 25.000,-


 WISATA BAKTI


Lembaga Kursus Al Qur’an Yayasan Masjid Al Falah Surabaya merasa ikut bertanggung jawab dalam rangka mengemban misi berdakwah melalui pendidikan non formal, disamping belajar juga beramal, serta ikut membantu pemerintah mencerdaskan masyarakat baik material maupun spiritual.  Upaya konkrit yang akan dilakukan adalah mengadakan kegiatan “Wisata Bakti” .

Untuk menjangkau wilayah Jawa Timur yang terdiri dari 29 kabupaten dan 8 kota adalah keinginan dan cita-cita kami, sebagai ajang silaturrahim dan dakwah di masa-masa yang akan datang, sekaligus membangun kepedulian dan mengenalkan kegiatan-kegiatan keagamaan dan sosial yang ada di Surabaya sebagai ibukota Jawa Timur. 

Pada tahun-tahun sebelumnya Kursus Al Qur’an telah mengadakan acara serupa di berbagai kota dan kabupaten di wilayah Jawa Timur, dan Insya Allah jika tidak ada halangan akan mengadakan acara “Wisata Bakti” di Kec. Trucuk Kabupaten  Bojonegoro. Dipilihnya tempat tersebut karena wilayahnya relative dekat dengan kota Surabaya. Sebagaimana dakwah Muslim “sayangilah yang terdekat lebih dahulu selanjutnya orang-orang yang jauh.”

              LANDASAN PEMIKIRAN
1.        Firman Allah SWT :

     Artinya :  Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.
2.    Hadits nabi yang artinya “ sebaik – baik manusia adalah manusia yang mampu memberikan manfaat kepada orang lain”
3.   Program kerja pengurus Lembaga Kursus Al Qur’an  Yayasan Masjid Al Falah Surabaya tahun 2011 – 2012 

     TUJUAN DAN TARGET
1.        Membantu pemerintah membentuk masyarakat yang madani
2.        Silaturrahim yang kuat menghindari konflik horisontal
3.        Mewujudkan dan memperkokoh ukhuwah islamiyah.
4.        Meningkatkan ghirah keislaman.
5.        Membangun kepedulian diantara sesama muslim.

Kegiatan ini bernama “WISATA BAKTI” Lembaga Kursus Al Qur’an  Yayasan Masjid Al Falah Surabaya. Dilaksanakan hari Ahad tanggal 04  Maret  2012.
Adapun bentuk kegiatan wisata bakti  meliputi :
1.        Pemberian sembako bagi fakir miskin + 400 keluarga tidak mampu.
2.        Sumbangan dana untuk perbaikan tempat ibadah dan pendidikan.



2 komentar:

  1. Aqliyah Islamiyah adalah pola berfikir atas dasar Islam, yaitu hanya menjadikan Islam sebagai tolok ukur universal bagi pemikiran-pemikirannya tentang kehidupan. Sedangkan Nafsiyah Islamiyah adalah pola sikap yang menjadikan seluruh kecenderungannya atas dasar Islam, yaitu hanya menjadikan Islam sebagai satu-satunya tolok ukur universal pada saat memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

    BalasHapus